√ Laser Cutting

 Laser cutting ada beberapa tipe berdasarkan benda kerjanya ;
  1. Laser cutting metal
  2. Laser cutting kayu
  3. Laser metal acrylic
Laser cutting sendiri adalah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong bahan, dan biasanya digunakan untuk aplikasi industri manufaktur, tetapi juga mulai digunakan oleh sekolah, usaha kecil, dan penggemar. Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi oleh komputer, pada material yang akan dipotong. Materi akan mencair, terbakar, menguap, atau terhembus oleh jet gas, menghasilkan tepi dengan finishing permukaan yang berkualitas tinggi. Pemotong laser industri yang digunakan untuk memotong sheet bahan datar serta bahan struktural dan pipa.

Laser cutting bisa diterapkan pada berbagai macam bahan, seperti metal, akrilik, kayu, kulit dan juga kertas. Beberapa contoh penerapan teknologi laser pada bahan-bahan ini adalah pada pembuatan ukiran pagar (besi), merek (akrilik), pigura (kayu), undangan (kertas), dll.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Laser_cutting

Jasa laser cutting dapat kita temukan dengan mudah diera digital ini. Tinggal ketik pada kolom pencarian browser anda, maka dapat anda temukan penyedia laser cutting sesuai lokasi anda. jadi jika anda ingin membuat suatu model, pola atau benda dengan menggunakan laser cutting sekarang tidak perlu repot atau bingung. Jasa laser cutting sudah mudah dijumpai beserta kontak dan alamat lengkapnya.

https://santikoaji.blogspot.com/2018/11/laser-cutting.html
Laser Cutting pada bidang kayu

Sedangkan untuk fungsi penggunaannya, laser cutting dibedakan menjadi 3 jenis ;

Laser cutting jenis CO2 laser

Untuk jenis ini lebih cocok untuk memotong, mengebor, dan memahat suatu baham material. Jika anda ingin memotong, memahat, mengravir, dsb. Anda sangat disarankan untuk menggunakan yang jenis CO2

Laser cutting jenis Neodynium (Nd),

jenis ini biasanya digunakan untuk mengebor dengan menggunakan energi yang besar, namun membutuhkan ketukan yang minim sekali.
Neodymium yttrium-Aluminum-Garnet (Nd-YAG ), digunakan untuk pemotongan, pengeboran, pengukiran yang membutuhkan energi yang sangat sangat besar.

Dan tidak lupa juga, ketiga jenis dari Laser Cutting diatas juga bisa digunakan untuk mengelas bahan / material yang digunakan. Bahan – bahan yang bisa digunakan untuk jenis – jenis Laser Cutting di atas semua sama, seperti akrilik, alumunium, kulit, kayu, kertas,dll.

Laser cutting jenis Laser Engraving


Pada laser cutting jenis engraving ini dibagi menjadi dua jenis yaitu Vector Engraving dan Raster Engraving. Vector Engraving merupakan proses etching atau menggores pada permukaan material dengan menggunakan sinar laser untuk menghasilkan pola bergaris. Sedangkan Raster Engraving adalah proses yang akan menghasilkan gambar dengan gradiasi yang tinggi, dan ketajaman gambar yang bervariasi. Tergantung pada bahan material yang akan kita gunakan yaitu antara 45 dpi sampai 1200 dpi. Semua itu tergantung dari selera pengguna atau pembuatnya masing – masing.

Dan tidak lupa, jika material yang akan digunakan tergolong besar atau tebal, maka gunakanlah mesin yang bertenaga besar, begitupun sebaliknya. Jangan malah material tebal menggunakan mesin bertenaga kecil, jadinya malah hasilnya tidak sempurnya atau maksimal.

Teknik laser cutting

Grafir merupakan sebuah teknik yang dilakukan menggunakan mesin laser dengan cara mengikis sebagian permukaan sebuah material. Anda bisa mempersiapkan pola yang diinginkan untuk berbagai keperluan.

Grafir populer digunakan untuk menghasilkan aneka barang, seperti pajangan, frame, plakat, piala, dan sebagainya. Bahkan, teknik ini bisa Anda pakai kelak untuk membuka bisnis, misalnya bisnis suvenir pernikahan. Hasil cetak-ukir yang indah dan unik akan bertahan lama di barang tersebut.

Saat ini teknik grafir didukung teknologi maju menggunakan mesin laser. Hasilnya lebih presisi dibandingkan grafis manual. Selain itu, prosesnya tidak melibatkan bahan kimia sehingga lebih aman. Dengan pengoperasian mesin laser, operator cetak pun mengerjakannya dengan mudah, klik plug-and-play saja. Jadi, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.
No comments:
Write komentar