SOAL TEKNIK KENDARAAN RINGAN / OTOMOTIF (TEST I)


Soal teknik kendaraan ringan dalam blog ini berisi tentang soal pilihan ganda dan soal essay. Soal - soal tersebut juga dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan sahabat sekalian dalam memriksa jawaban / sejauh mana pemahaman terhadap materi soal - soal berikut ini.

Contoh soal teknik kendaraan ringan / otomotif  beserta kunci jawaban dapat sahabat temukan dalam blog Santika Aji ini. Selain soal dan kunci jawaban berikut ini, sahabat sekalian dapat mencari soal dan jawaban mata pelajaran lain yang juga terdapat dalam blog ini. Caranya silahkan tulis dalam kolom pencarian pada bagian atas blog ini atau silahkan pilih tag / kelompok yang sesuai dengan pencarian sahabat sekalian.

 


Nama              :
No. Absen      :
Kelas               :
Berilah tanda silang ( x) pada jawaban a, b, c, dan d yang paling benar dari soal-soal di bawah ini.
1.      Yang berfungsi untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar adalah :
a. Filter
b. Pompa bahan bakar
c. Charcoal canister
d. Karburator
2.      Besarnya udara yang masuk ke dalam silinder diatur oleh:
a. Chocke valve
b. Venturi
c. Throtle valve
d. Idle mixture adjusting screw
3.      Perbandingan antara udara dan bahan bakar pada saat kondisi kerja mesin pada putaran lambat maupun putaran maksimal (beban penuh) adalah:
a. 12-13 : 1                                                                      
b. 11 : 1
c. 15 : 1
d. 16 – 18 : 1
4.      Dari gambar di bawah ini, dilihat dari tipe venturi, termasuk karburator tipe:
a. Variable ventury
b. Fixed ventury
c. Single barel
d. Double barel
5.      Berikut ini merupakan beberapa sistem yang terdapat pada karburator, kecuali:
a. Sistem cuk
b. Sistem pengisian
c. Sistem tenaga
d. Sistem percepatan
6.      Komponen sistem pelampung yang berfungsi untuk menghentikan dan menyalurkan suplai bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung adalah:
a. Float control level
b. Needle valve spring
c. Needle valve
d. Plunger
7.      Pada saat mesin berputar stasioner campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui:
a. Slow port
b. Idle port
c. Main nozzle
d. Secondary main nozzle
8.      Perhatikan gambar di bawah ini.
Nama komponen sistem pelampung yang diberi nomor 4 dan 5 adalah :
a. Lip of float dan strainer
b. Plunger dan needle valve
c. Strainer dan plunger
d. Seat of float dan strainer
9.      Pada kecepatan lambat campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui :
a. Idle port
b. Slow port
c. Main nozle dan slow port
d. Idle port dan slow port
10.  Komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memutus aliran bahan bakar pada saat kendaraan diperlambat yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. Anti dieseling
d. Deceleration fuel cut-off system
11.  Bagian karburator yang terletak pada saluran stasioner dan kecepatan lambat, berfungsi untuk mempercepat aliran bahan bakar yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. Anti dieselling
d. Deceleration fuel cut-off system
12.  Komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memperlambat penutupan katup gas pada saat pedal gas dilepas dari putaran tinggi yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. Anti dieselling
d. Deceleration fuel cut-off system
13.  Apakah yang terjadi apabila air ventube tersumbat dan saringan udara juga buntu ?
a.      Campuran menjadi kaya dan kemampuan mesin menurun.
b.      Campuran menjadi miskin dan kemampuan mesin menurun.
c.       Suplai bahan bakar dari main nozzle terhenti.
d.      Suplai bahan bakar dari main nozzle berkurang.
14.  Fungsi jet udara (lubang penambah udara) pada nosel (pipa pengabut) adalah:
a. Agar mesin tetap hidup saat pedal gas tidak diinjak
b. Agar ruang pelampung selalu terisi bensin
c. Agar bensin terkabut dengan halus
d. Agar jumlah campuran bahan bakar dan udara yang ke ruang bakar sesuai
15.  Apakah yang terjadi jika katup solenoid tidak berfungsi ?
a.    Mesin tidak dapat hidup pada berbagai kecepatan.
b.    Mesin hanya berputar pada saat idle.
c.    Mesin dapat distart tetapi tidak dapat berputar stasioner.
d.   Mesin tidak mempunyai power pada saat kecepatan tinggi.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1.      Sebutkan jenis-jenis karburator dilihat dari arah masuk campuran udara dan bahan bakar !
2.      Jelaskan kelebihan karburator jenis double barel dibandingkan dengan karburator single barel !
3.      Jelaskan fungsi dari sistem cuk !
4.      Apa yang dimaksud dengan dieseling ?
5.      Jelaskan fungsi dari sistem idle !


KUNCI JAWABAN
(Pre test I)

1. D
2. C
3. A
4. A
5. B
6. C
7. B
8. B
9. D
10. D
11. A
12. B
13. A
14. C
15. C
1.    - Karburator arus turun 
       - Karburator arus datar
2.    Karburator double barel dapat menghasilkan tenaga (output) yang lebih besar baik pada putaran rendah maupun pada putaran tinggi
3.    Membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya (1:1) yang disalurkan ke dalam silinder apabila mesin masih dingin
4.   Dieseling adalah berputarnya mesin setelah kunci kontak dimatikan

5.   Menyalurkan bahan bakar dan udara pada saat katup gas hampir tertutup (pedal gas tidak diinjak)
3 comments:
Write komentar