Soal teknik kendaraan ringan dalam blog ini berisi tentang soal pilihan ganda dan soal essay. Soal - soal tersebut juga dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan sahabat sekalian dalam memriksa jawaban / sejauh mana pemahaman terhadap materi soal - soal berikut ini.
Contoh soal teknik kendaraan ringan / otomotif beserta kunci jawaban dapat sahabat temukan dalam blog Santika Aji ini. Selain soal dan kunci jawaban berikut ini, sahabat sekalian dapat mencari soal dan jawaban mata pelajaran lain yang juga terdapat dalam blog ini. Caranya silahkan tulis dalam kolom pencarian pada bagian atas blog ini atau silahkan pilih tag / kelompok yang sesuai dengan pencarian sahabat sekalian.
Contoh soal teknik kendaraan ringan / otomotif beserta kunci jawaban dapat sahabat temukan dalam blog Santika Aji ini. Selain soal dan kunci jawaban berikut ini, sahabat sekalian dapat mencari soal dan jawaban mata pelajaran lain yang juga terdapat dalam blog ini. Caranya silahkan tulis dalam kolom pencarian pada bagian atas blog ini atau silahkan pilih tag / kelompok yang sesuai dengan pencarian sahabat sekalian.
Nama :
No.
Absen :
Kelas :
Berilah
tanda silang ( x) pada jawaban a, b, c, dan d yang paling benar dari soal-soal
di bawah ini.
1.
Yang berfungsi
untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar adalah :
a. Filter
b. Pompa
bahan bakar
c.
Charcoal canister
d. Karburator
2.
Besarnya udara
yang masuk ke dalam silinder diatur oleh:
a. Chocke
valve
b.
Venturi
c.
Throtle valve
d. Idle mixture adjusting screw
3.
Perbandingan
antara udara dan bahan bakar pada saat kondisi kerja mesin pada putaran lambat
maupun putaran maksimal (beban penuh) adalah:
a. 12-13
: 1
b. 11 : 1
c. 15 : 1
d. 16 – 18 : 1
4.
Dari gambar di
bawah ini, dilihat dari tipe venturi, termasuk karburator tipe:
a.
Variable ventury
b. Fixed
ventury
c. Single
barel
d. Double barel
5.
Berikut ini
merupakan beberapa sistem yang terdapat pada karburator, kecuali:
a. Sistem
cuk
b. Sistem
pengisian
c. Sistem
tenaga
d. Sistem percepatan
6.
Komponen sistem
pelampung yang berfungsi untuk menghentikan dan menyalurkan suplai bahan bakar
yang masuk ke ruang pelampung adalah:
a. Float
control level
b. Needle
valve spring
c. Needle
valve
d.
Plunger
7.
Pada saat mesin
berputar stasioner campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui:
a. Slow
port
b. Idle
port
c. Main
nozzle
d.
Secondary main nozzle
8.
Perhatikan gambar
di bawah ini.
Nama
komponen sistem pelampung yang diberi nomor 4 dan 5 adalah :
a. Lip of
float dan strainer
b.
Plunger dan needle valve
c.
Strainer dan plunger
d. Seat of
float dan strainer
9.
Pada kecepatan
lambat campuran udara dan bahan bakar akan keluar melalui :
a. Idle
port
b. Slow
port
c. Main
nozle dan slow port
d. Idle port dan slow port
10. Komponen
tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memutus aliran bahan bakar pada
saat kendaraan diperlambat yaitu :
a.
Economicer jet
b.
Dashpot
c. Anti
dieseling
d. Deceleration fuel cut-off system
11. Bagian
karburator yang terletak pada saluran stasioner dan kecepatan lambat, berfungsi
untuk mempercepat aliran bahan bakar yaitu :
a.
Economicer jet
b.
Dashpot
c. Anti
dieselling
d. Deceleration fuel cut-off system
12. Komponen
tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memperlambat penutupan katup gas
pada saat pedal gas dilepas dari putaran tinggi yaitu :
a.
Economicer jet
b. Dashpot
c. Anti
dieselling
d. Deceleration fuel cut-off system
13. Apakah
yang terjadi apabila air ventube tersumbat dan saringan udara juga buntu ?
a.
Campuran menjadi
kaya dan kemampuan mesin menurun.
b.
Campuran menjadi
miskin dan kemampuan mesin menurun.
c.
Suplai bahan
bakar dari main nozzle terhenti.
d.
Suplai
bahan bakar dari main nozzle berkurang.
14. Fungsi
jet udara (lubang penambah udara) pada nosel (pipa pengabut) adalah:
a. Agar
mesin tetap hidup saat pedal gas tidak diinjak
b. Agar
ruang pelampung selalu terisi bensin
c. Agar
bensin terkabut dengan halus
d.
Agar jumlah campuran bahan bakar dan udara yang ke ruang bakar sesuai
15. Apakah
yang terjadi jika katup solenoid tidak berfungsi ?
a.
Mesin tidak dapat
hidup pada berbagai kecepatan.
b.
Mesin hanya
berputar pada saat idle.
c.
Mesin dapat
distart tetapi tidak dapat berputar stasioner.
d.
Mesin
tidak mempunyai power pada saat kecepatan tinggi.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan benar.
1.
Sebutkan
jenis-jenis karburator dilihat dari arah masuk campuran udara dan bahan bakar !
2.
Jelaskan
kelebihan karburator jenis double barel dibandingkan dengan karburator single
barel !
3.
Jelaskan fungsi
dari sistem cuk !
4.
Apa yang dimaksud
dengan dieseling ?
5.
Jelaskan fungsi
dari sistem idle !
KUNCI JAWABAN
(Pre
test I)
1. D
2. C
3. A
4. A
5. B
|
6. C
7. B
8. B
9. D
10. D
|
11. A
12. B
13. A
14. C
15. C
|
1.
- Karburator arus turun
- Karburator arus datar
- Karburator arus datar
2. Karburator
double barel dapat menghasilkan tenaga (output) yang lebih besar baik pada
putaran rendah maupun pada putaran tinggi
3. Membuat
campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya (1:1) yang disalurkan ke dalam
silinder apabila mesin masih dingin
4. Dieseling
adalah berputarnya mesin setelah kunci kontak dimatikan
5. Menyalurkan bahan bakar dan udara pada saat katup
gas hampir tertutup (pedal gas tidak diinjak)
iki yo masuk ji... suwun tak copas yo
ReplyDeleteEmboook sarjana copy paste kon iku nu
ReplyDeleteIni soal buat tes SMK bukan min?
ReplyDelete