√ Perlengkapan Las Asetelin

Sebelum kita mulai menggunakan las asetelin untuk mengelas, terlebih duu kita persiapkan perlengkapan dengan tepat dan efektif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan pengelasan. Ketika perlengkapan untuk pengelasan telah kita siapkan, maka kita tidak perlu bolak balik untuk mencari perlengkapan yang digunakan untuk mengelas.

Efektifitas perlengkapan las juga sangat penting, karena jika kita tidak memilih perlengkapan secara efektif maka yang terjadi adalah menumpuknya perlengkapan lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan dalam proses pengelasan.
https://santikoaji.blogspot.com/2017/06/perlengkapan-las-asetelin.html
Perlengkapan las asetilin - Santika Aji

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja perlengkapan las asetelin, berikut aartikel tentang perlengkapan las asetelin ; 

1.Korek Api Las
Korek api las digunakan untuk menyalakan gas, karena tangan kita posisinya terlalu dekat dengan ujung pembakar sehingga sangat mudah terjilat api. Untuk itu menyalakan gas ini biasanya digunakan korek api las.

2.Sikat kawat (wire brush) 
Sikat kawat berfungsi untuk membersihkan benda kerja yang akan dilas dan sisa-sisa terak yang masih ada setelah dibersihkan dengan palu terak. Bahan serabut sikat terbuat dari kawat-kawat baja yang tahan terhadap panas dan elastis, dengan tangkai dari kayu yang dapat mengisolasi panas dari bagian yang disikat.

3.Palu las (chipping hammer).
Palu las digunakan untuk membersihkan terak yang terjadi akibat proses pemotongan dan pengelasan dengan cara memukul atau menggores teraknya. Pada waktu membersihkan terak, gunakan kacamata terang untuk melindungi mata dari percikan bunga api dan terak.

Ujung palu yang runcing digunakan untuk memukul pada bagian sudut rigi-rigi. Palu las sebaiknya tidak digunakan untuk memukul benda-benda keras, karena akan mengakibatkan kerusakan pada bentuk ujung-ujung palu sehingga palu tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4.Tang penjepit 
Tang elektroda digunakan untuk menjepit elektoda las. Alat ini terdiri atas mulut penjepit dan pegangan yang dibungkus penyekat

5.Air
Air digunakan untuk mendinginkan benda kerja setelah pengelasan.

Demikian lima perlengkapan dasar dalam pengelasan menggunakan las asetelin, semoga artikel perlengkapan las asetelin ini bermanfaat bagi sahabat sekalian.


No comments:
Write komentar