Contoh soal teknik kendaraan ringan / otomotif berikut ini berisi 14 ( empat belas) soal pilihan ganda dan 5 ( lima) soal essay yang disertai dengan kunci jawaban. Soal semacam ini pada umumnya dipakai untuk pre test ataupun post test dimana fungsinya adalah untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dilakukannya pembelajaran (pre-test) dan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah diajarkan (post-test).
Soal dan jawaban teknik kendaraan ringan / otomotif berikut ini semoga bermanfaat untuk sahabat sekalian sebagai referensi dalam pembuatan soal. Yang penting jangan langsung di salin mentah-mentah dan dibuat soal untuk peserta didiknya ya, nanti dapat nilai 100 semua karena ternyata peserta didik sahabat sekalian juga membuka blog ini dan mengetahui kunci jawabannya.
Nama :
Soal dan jawaban teknik kendaraan ringan / otomotif berikut ini semoga bermanfaat untuk sahabat sekalian sebagai referensi dalam pembuatan soal. Yang penting jangan langsung di salin mentah-mentah dan dibuat soal untuk peserta didiknya ya, nanti dapat nilai 100 semua karena ternyata peserta didik sahabat sekalian juga membuka blog ini dan mengetahui kunci jawabannya.
Nama :
No.
Absen :
Kelas :
1. Apa fungsi sistem bahan bakar :
a. Untuk mencampur udara dan air.
b. Untuk mencampur air dan bahan bakar.
c. Untuk mencampur udara dan bahan bakar.
d. Untuk mencampur bahan bakar dan minyak.
e. Untuk mencampur udara dan minyak.
2. Komponen pada sistem bahan bakar mekanik dibawah ini adalah:
a. Tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, suspensi
b. Tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, karburator
c. Tangki bahan bakar, propeler, karburator
d. Tangki bahan bakar, transmisi, suspensi
e. Tangki bahan bakar, suspensi, karburator
3. Pompa bahan bakar ada 2 jenis, yaitu :
a. Mekanik dan Buatan
b. Listrik dan Mekanik
c. Listrik dan Plastik
d. Plastik dan Alumunium
e. Alumunium dan Listrik
4. Yang berfungsi untuk menampung sementara uap bensin yang berasal dari ruang pelampung pada karburator yaitu:
a. Tangki bahan bakar
b. Filter
c. Pompa bahan bakar
d. Charcoal canister
e. Karburator
5. Yang berfungsi untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar dan mengalirkan ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin yaitu :
a. Tangki bahan bakar
b. Filter
c. Pompa bahan bakar
d. Charcoal canister
e. Karburator
6. Agar dapat bekerja sesuai dengan kondisi kerja mesin, maka karburator dibagi menjadi beberapa sistem, dan sistem tersebut antara lain, kecuali...
a. Sistem cuk
b. Sistem Pelampung
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
e. Sistem Pengisian
7. Bagian karburator yang terletak pada saluran stasioner dan kecepatan lambat, berfungsi untuk mempercepat aliran bahan bakar yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. BarrelAnti dieselling
d. Deceleration
e. Fuel Cut-Off System
8. Prinsip pembentukan campuran yang digunakan pada karburator adalah berdasarkan :
a. Tekanan lebih
b. Tekanan yang sama
c. Tekanan tinggi
d. Aliran udara yang cepat
e. Aliran bahan bakar
9. Fungsi jet udara(lubang penambah udara) pada nosel(pipa pengabut ) adalah…
a. Agar bensin terkabut dengan halus
b. Agar motor tetap hidup saat pedal gas tidak diinjak
c. Agar jumlah campuran yang masuk ke motor sesuai
d. Agar ruang pelampung selalu terisi bensin
e. Agar campuran yang masuk ke motor bisa diatur
10.Salah satu keuntungan ventilasi intern pada karburator adalah...
a. Tidak timbul polusi
b. Timbul polusi
c. Saringan udara tetap bersih
d. Daya motor meningkat
e. Saringan bensin tetap bersih
11.Sistem pengaya bekerja pada saat…
a. Katup gas dibuka tiba-tiba
b. Katup gas terbuka sedikit
c. Kendaraan mengerem/memperlambat
d. Katup gas terbuka penuh
e. Awal motor distarter
12.Salah satu Keuntungan karburator yang mempunyai diameter venturi kecil adalah…
a. Pengabutan bensin baik saat aliran udara lambat
b. Pengabutan bensin jelek saat aliran udara lambat
c. Daya motor tinggi karena aliran gas tidak terhambat
d. Daya motor tinggi karena pengabutan baik
e. Daya motor tinggi karena pemakaian bensin irit
13.Jumlah aliran bensin dan udara pada saat idle bisa diatur melalui…
a. Sekrup penyetel gas
b. Sekrup penyetel jet utama
c. Sekrup penyetel campuran
d. Sekrup penyetel jet udara
e. Sekrup penyetel start dingin
14.Apa akibatnya bila kita menyetel pelampung terlalu ekstrem tinggi :
a. Bensin tidak bisa masuk ke karburator
b. Bensin langsung mengalir dari nosel utama
c. Bensin tidak bisa terisap karburator
d. Bensin masuk ke dalam pelampung
e. Bensin langsung terbakar
a. Untuk mencampur udara dan air.
b. Untuk mencampur air dan bahan bakar.
c. Untuk mencampur udara dan bahan bakar.
d. Untuk mencampur bahan bakar dan minyak.
e. Untuk mencampur udara dan minyak.
2. Komponen pada sistem bahan bakar mekanik dibawah ini adalah:
a. Tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, suspensi
b. Tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, karburator
c. Tangki bahan bakar, propeler, karburator
d. Tangki bahan bakar, transmisi, suspensi
e. Tangki bahan bakar, suspensi, karburator
3. Pompa bahan bakar ada 2 jenis, yaitu :
a. Mekanik dan Buatan
b. Listrik dan Mekanik
c. Listrik dan Plastik
d. Plastik dan Alumunium
e. Alumunium dan Listrik
4. Yang berfungsi untuk menampung sementara uap bensin yang berasal dari ruang pelampung pada karburator yaitu:
a. Tangki bahan bakar
b. Filter
c. Pompa bahan bakar
d. Charcoal canister
e. Karburator
5. Yang berfungsi untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar dan mengalirkan ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin yaitu :
a. Tangki bahan bakar
b. Filter
c. Pompa bahan bakar
d. Charcoal canister
e. Karburator
6. Agar dapat bekerja sesuai dengan kondisi kerja mesin, maka karburator dibagi menjadi beberapa sistem, dan sistem tersebut antara lain, kecuali...
a. Sistem cuk
b. Sistem Pelampung
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
e. Sistem Pengisian
7. Bagian karburator yang terletak pada saluran stasioner dan kecepatan lambat, berfungsi untuk mempercepat aliran bahan bakar yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. BarrelAnti dieselling
d. Deceleration
e. Fuel Cut-Off System
8. Prinsip pembentukan campuran yang digunakan pada karburator adalah berdasarkan :
a. Tekanan lebih
b. Tekanan yang sama
c. Tekanan tinggi
d. Aliran udara yang cepat
e. Aliran bahan bakar
9. Fungsi jet udara(lubang penambah udara) pada nosel(pipa pengabut ) adalah…
a. Agar bensin terkabut dengan halus
b. Agar motor tetap hidup saat pedal gas tidak diinjak
c. Agar jumlah campuran yang masuk ke motor sesuai
d. Agar ruang pelampung selalu terisi bensin
e. Agar campuran yang masuk ke motor bisa diatur
10.Salah satu keuntungan ventilasi intern pada karburator adalah...
a. Tidak timbul polusi
b. Timbul polusi
c. Saringan udara tetap bersih
d. Daya motor meningkat
e. Saringan bensin tetap bersih
11.Sistem pengaya bekerja pada saat…
a. Katup gas dibuka tiba-tiba
b. Katup gas terbuka sedikit
c. Kendaraan mengerem/memperlambat
d. Katup gas terbuka penuh
e. Awal motor distarter
12.Salah satu Keuntungan karburator yang mempunyai diameter venturi kecil adalah…
a. Pengabutan bensin baik saat aliran udara lambat
b. Pengabutan bensin jelek saat aliran udara lambat
c. Daya motor tinggi karena aliran gas tidak terhambat
d. Daya motor tinggi karena pengabutan baik
e. Daya motor tinggi karena pemakaian bensin irit
13.Jumlah aliran bensin dan udara pada saat idle bisa diatur melalui…
a. Sekrup penyetel gas
b. Sekrup penyetel jet utama
c. Sekrup penyetel campuran
d. Sekrup penyetel jet udara
e. Sekrup penyetel start dingin
14.Apa akibatnya bila kita menyetel pelampung terlalu ekstrem tinggi :
a. Bensin tidak bisa masuk ke karburator
b. Bensin langsung mengalir dari nosel utama
c. Bensin tidak bisa terisap karburator
d. Bensin masuk ke dalam pelampung
e. Bensin langsung terbakar
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
benar.
1.
Jelaskan
fungsi dari karburator !
2.
Jelaskan
fungsi dari main jet dan pilot jet !
3.
Mengapa
harus dilakukan penyetelan putaran stasioner?
4.
Apa
yang kamu ketahui tentang exhaust
manifold?
5.
Jelaskan
pengertian dari Intake Manifold !
KUNCI JAWABAN
1. D
2. C
3. A
|
4. A
5. B
6. C
|
7. B
8. D
|
9. D
10. A
11. B
|
12. A
13. C
14. C
|
1. Untuk mengkarburasikan bahan bakar dan udara
2. Fungsi main jet adalah untuk menyuplai bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai atas
Fungsi pilot jet adalah mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm
menengah
3. Supaya kerja pompa oli optimal untuk melakukan penyebaran oli dan supaya kerja mesin tidak
berlebihan sehingga tidak menyebabkan panas
4. Saluran buang sisa pembakaran ddidalam ruang bakar
5. Saluran masuk bahan bakar dan udara dari karburator ke ruang bakar
Untuk mendownload soal dan jawaban tersebut sahabat sekalian dapat mengunjungi link berikut ini
Download soal teknik kendaraan ringan dan jawabannya
No comments:
Write komentar