Prestasi
Belajar
Prestasi belajar dapat diartikan sebagai
hasil usaha kegiatan yang dinyatakan dalam bentuk symbol angka, huruf maupun
kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam
periode tertentu (Tirtonegoro, 2006: 43). Setiap orang percaya atau tidak pasti
menginginkan dirinya memperoleh prestasi, karena dengan prestasi yang dimiliki
atau dicapai dalam bidang apapun yang akan dapat meningkatkan harga dirinya.
Begitupula dalam dunia pendidikan khususnya dalam masalah belajar, mendapat
prestasi belajar yang baik adalah hal yang paling diinginkan oleh para siswa.
Prestasi belajar siswa dapat diketahui pada awal pertemuan yang biasa dikenal dengan istilah pre tes dan yang diadakan setiap akhir tatap muka atau dapat disebut dengan pos test. Menurut Mulyasa (2006:253) Pre test bertujuan untuk menyiapkan peserta didik dalam proses belajar mengajar, serta untuk mengetahui kemampuan awal yang telah dimiliki peserta didik. Sedangkan Pos test dapat dipakai guru untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran dan pembentukkan kompetensi yang telah dilaksanakan, baik terhadap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.
Prestasi belajar siswa dapat diketahui pada awal pertemuan yang biasa dikenal dengan istilah pre tes dan yang diadakan setiap akhir tatap muka atau dapat disebut dengan pos test. Menurut Mulyasa (2006:253) Pre test bertujuan untuk menyiapkan peserta didik dalam proses belajar mengajar, serta untuk mengetahui kemampuan awal yang telah dimiliki peserta didik. Sedangkan Pos test dapat dipakai guru untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan sebagai acuan untuk melakukan perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran dan pembentukkan kompetensi yang telah dilaksanakan, baik terhadap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.
No comments:
Write komentar