KERANGKA BERFIKIR PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

Pendidikan kecakapan Hidup merupakan salah satu model pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan belajar siswa, memotivasi siswa untuk berani menghadapi tantangan hidup kemudian secara kreatif mampu untuk menemukan solusi sehingga akhirnya mampu untuk menyelesaikan. Di samping itu juga perlu adanya kesadaran bersama bahwa peningkatan mutu pendidikan merupakan komitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai modal dasar pembangunan bangsa, dan pemerataan daya tampung pendidikan harus disertai dengan pemerataan mutu pendidikan sehingga mampu menjangkau seluruh masyarakat.
Dilandasi kenyataan bahwa dalam pendidikan tidak hanya mengejar pengetahuan semata tetapi ada nilai lain yang lebih penting yaitu keterampilan, sikap dan nilai-nilai tertentu yang dapat merefleksikan dalam kehidupan peserta didik. Pendidikan Kecakapan Hidup sangat ideal ketika diterapkan disekolah yang mengajarkan dan mengimplementasikan nilai keterampilan.
Pendidikan Kecakapan Hidup bukan kurikulum juga bukan mata pelajaran baru, tetapi aspek yang ada pada kecakapan hidup penting untuk dibekali kepada siswa dengan memasukkan setiap aspek kecakapan hidup pada mata pelajaran yang akan dikembangkan, sehingga mampu untuk meningkatkan semangat menuju peningkatan prestasi belajar siswa.

No comments:
Write komentar