RANCANGAN TINDAKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

Santikoaji.blogspot.comPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Berikut ini akan diuraikan rancangan tindakan yang akan dilakukan pada mata diklat sistem bahan bakar bensin khususnya pada materi karburator dengan mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan                                              
Adapun jadwal pelaksanaan penelitiannya adalah sebagai berikut :


Tabel 3.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian
No.
Hari / Tanggal
Kegiatan
Keterangan
1
Kamis,
26 Nopember 2015
1.   Pre test
2.   Mengidentifikasi komponen-komponen sistem bahan bakar bensin dan fungsinya
3.   Mengidentifikasi jenis-jenis pompa bahan bakar bensin beserta fungsi dan cara kerjanya
4.   Post test

Siklus I


2
Kamis,
3 Desember 2015
1.    Pre test
2.    Mengidentifikasi komponen-komponen karburator dan fungsinya
3.    Mengidentifikasi prinsip kerja dan cara kerja karburator
4.    Post test
Siklus II
3
Kamis,
10 Desember 2015
1.   Pre test
1.   Menjelaskan cara menyetel karburator
2.   Menjelaskan prosedur perbaikan sistem bahan bakar bensin
3.   Menjelaskan prosedur perbaikan pompa bahan bakar bensin
4.   Post test
Siklus III

Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dengan penjabaran sebagai berikut :
1.    Siklus I
a.    Perencanaan
1)   Menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup pada mata diklat sistem bahan bakar bensin, silabus.
2) Mengembangkan skenario pembelajaran dengan memasukkan unsur kecakapan hidup berupa aspek kecakapan personal.
3) Menyiapkan instrumen penelitian berupa lembar penilaian kecakapan hidup soal pre test dan post test, lembar pengelolaan pembelajaran.
b.    Tindakan
1)   Guru melakukan apersepsi, motivasi untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diajarkan yaitu materi karburator melalui pendidikan kecakapan hidup.
2)   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , yaitu: sistem bahan bakar bensin dan fungsinya, jenis – jenis pompa bahan bakar bensin  beserta fungsi dan cara kerjanya.
3)   Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup.
4)   Guru menyampaikan materi dengan memasukan unsur kecakapan hidup berupa kecakapan personal dengan memberikan contoh dikehidupan sehari-hari.
5)   Guru mengulas secara singkat materi yang telah disampaikan.
6)   Guru memberikan soal post test untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi.
c.    Pengamatan
1)   Pengamat mengamati ketuntasan aspek-aspek kecakapan hidup siswa dengan lembar penilaian kecakapan hidup.
2)   Pengamat mengamati pengelolaan pembelajaran dengan lembar pengelolaan pembelajaran
d.   Refleksi
Hasil yang diperoleh pada tahap observasi, selanjutnya dikumpulkan dan dianalisis. Refleksi yang dimaksudkan adalah mengoreksi atau mengkaji ulang hal-hal yang sudah dicapai dan yang belum dicapai, kendala dan cara mengatasinya serta hal-hal yang perlu dilaksanakan pada siklus berikutnya sehingga hasil yang dicapai pada siklus berikutnya sesuai dengan yang diharapkan.

2.    Siklus II
a.    Perencanaan
1)   Merevisi kembali tindakan pada siklus I
2)   Menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup pada mata diklat sistem bahan bakar bensin dan silabus.
3)   Mengembangkan skenario pembelajaran dengan memasukkan unsur kecakapan hidup berupa aspek kecakapan personal.
4)   Menyiapkan instrumen penelitian berupa lembar penilaian kecakapan hidup format evaluasi tes (pre test post test) dan lembar pengelolaan pembelajaran,.
b.    Tindakan
1)   Guru melakukan apersepsi, motivasi untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diajarkan yaitu materi karburator melalui pendidikan kecakapan hidup.
2)   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , yaitu: komponen - komponen karburator dan fungsinya, prinsip kerja dan cara kerja karburator.
3)   Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup.
4)   Guru menyampaikan materi dengan memasukan unsur kecakapan hidup berupa kecakapan personal dengan memberikan contoh dikehidupan sehari-hari.
5)   Guru mengulas secara singkat materi yang telah disampaikan.
6)   Guru memberikan soal post test untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi.
c.    Pengamatan
1)   Pengamat mengamati ketuntasan aspek-aspek kecakapan hidup siswa dengan instrument lembar penilaian kecakapan hidup.
2)   Pengamat mengamati pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan istrumen lembar pengelolaan pembelajaran
d.   Refleksi
Mengkaji kekurangan dari hasil tindakan selama pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Refleksi yang dimaksudkan adalah mengoreksi atau mengkaji ulang hal-hal yang sudah dicapai dan yang belum dicapai, kendala dan cara mengatasinya serta hal-hal yang perlu dilaksanakan pada siklus berikutnya sehingga hasil yang dicapai pada siklus berikutnya sesuai dengan yang diharapkan

3.    Siklus III
a.    Perencanaan
1)   Merevisi kembali tindakan pada siklus II
2)   Menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup pada mata diklat sistem bahan bakar bensin pada materi karburator, silabus.
3)   Mengembangkan skenario pembelajaran dengan memasukkan unsur kecakapan hidup berupa aspek kecakapan personal.
4)   Menyiapkan instrumen penelitian berupa lembar penilaian kecakapan hidup, format evaluasi tes (pre test dan post test) dan lembar pengelolaan pembelajaran.
b.    Tindakan
1)   Guru melakukan apersepsi, motivasi untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan diajarkan melalui pendidikan kecakapan hidup.
2)   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai , yaitu: perbaikan sistem bahan bakar bensin dan perbaikan pompa bahan bakar bensin.
3)   Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup.
4)   Guru mengulas secara singkat materi yang telah disampaikan.
5)   Guru memberikan soal post test untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi.
c.    Pengamatan
1) Pengamat mengamati ketuntasan aspek-aspek kecakapan hidup siswa dengan lembar penilaian kecakapan hidup.
2) Pengamat mengamati pengelolaan pembelajaran dengan lembar pengelolaan pembelajaran
d.   Refleksi
    Mengkaji kekurangan dari hasil tindakan selama pembelajaran yang dilakukan pada siklus III. Hasil yang diperoleh pada tahap observasi, selanjutnya dikumpulkan dan dianalisis. Setelah diintegrasikan pendidikan kecakapan hidup pada pembelajaran sistem bahan bakar bensin diharapkan kecakapan personal dan prestasi siswa meningkat dari siklus sebelumnya.
No comments:
Write komentar