MACAM - MACAM ORGANISASI KAMPUS



Organisasi adalah suatu kelompok/sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Nah nulisin organisasi, banyak nih contohnya. Kalo dikampung biasanya ada Karang Taruna, Disekolahan ada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), di kampus ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan masih ada ada ada dan ada lagi itu yang intra, ada lagi yang extra dan banyak pula macemnya.
Ikut organisasi itu asyik kok, yang penting tahu tujuan, manfaat dan fungsinya. Supaya kamu ndak tersesat dipersimpangan jalan gitu jeh.
Yang pertama tahu tujuan, tujuan itu ada dua lo jeh. Kesatu adalah tujuan dirimu ikut organisasi dan kedua adalah tujuan organisasi itu sendiri. Kenapa kamu harus tahu tujuan keduanya, jawabanya adalah supaya tahu bukan tempe apalagi pindang (penyetan maaaaah *drooling*). Kalian harus tahu kedua tujuan tersebut supaya kalian bisa linier atau terjadi kecocokan antara tujuan kalian dan wadah yang kalian pakai untuk meningkatkan kemampuan kalian. Contoh misal kamu mau ikut organisasi supaya terampil bermain musik, maka UKM yang kamu ikutin ya seni musik kalo di UNESA ada PSM (Paduan Suara dan Musik) bukan ikut UKM Silat.
Dalam tataran kehidupan kampus beberapa contoh lembaga kemahasiswaan atau organisasi mahasiswa dibagi menurut fungsi, tugas/wewenang dan porsi nya.
Badan Eksekutif Mahasiswa atau ngetrenya sih BEM, berfungsi sebagai eksekutor/pelaksana kegiatan yang sejalur dengan aspirasi dan kebutuhan mahasiswa dalam Universitas berdasarkan GBHK (Garis Besar Haluan Kerja). Simpelnya sih pelaksana kegiatan, walau real konteks nya sangat banyak dan luas peran serta wewenang dari BEM ini.  Didalam BEM ini ada beberapa bidang yang dipecah menurut fungsinya masing-masing. Biasanya sih dikasih label Departemen atau kalo enggak ya Kementerian.
Banyak kegiatan positif yang diadakan oleh BEM, baik itu berupa seminar, pelatihan dan lainya. Yang pasti benar-benar menambah wawasan kok...
Entar kalo dah ikut pelatihan biasanya dapat tuh yang namanya sertifikat/piagam. Lumayan tuk buat ditampung ke Riwayat Hidup ntar pas nyari kerja.
Kalo DLM/DPM ini berungsi sebagai Legislator, ada budgeting/penganggaran, controling/pengawasan, konstitusi/perundang-undangan. Yang bertugas untuk melaksanakan tugas dan wewenang tersebut sudah dibagi menjadi beberapa KOMISI. Misalnya Komisi I megang Controling/pengawasan, Komisi II megang budgeting dll
Ini kebanyakan sih kerjanya ngonsep, mikir dan menciptakan sistem. Ilmunya banyak nih kalo disini, biasanya pusing dan ngelu kalo pas mau Musyawarah Anggota (MA). Tapi ane ngerasa keren banget Organisasi dikampus ane habisin buat berdiam diri jadi anggota Legislatif.
UKM mah banyak banget macemnya, ini kayak ekstrakurikuler kalo di sekolahan. Jadi apa aja bisa diakomodir deh lewat UKM ini. Ada Kegiatan Pencak Silat, Teater, Musik, Catur, Bulutangkis, Cinta Alam dan lain-lain. Disini bener-bener bakatmu diasah sampe kinclong tanpa tambahan vernis deh. heheheee
Asyik, seru dan pastinya keren lah gabung ama UKM itu. Karena ilmunya disini terfokus sesuai namanya maka tidak heran kalo jebolan dari sini biasanya memiliki keahlian lain yang berbeda dengan jurusan yang dia ambil saat kuliah. Misalnya ane, jurusan teknik mesin tapi pinter ceramah dan baca Al Quran tuh karena ane ikut UKM UKKI yang kegiatanya ngaji, syiar agama dan jadi guru ngaji wajib buat mahasiswa semester muda. ahahaaa, demikian sedikit ketikan nostalgia dan kesombongan saya.

No comments:
Write komentar