Sekolah : SMK
Kelas/semester : XI TKR / 1
Kelas/semester : XI TKR / 1
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar : Memahami sistem bahan
bakar bensin dan komponennya
bakar bensin dan komponennya
Kode Kompetensi : 020.KK.4.1
Waktu : 2JP x 45 menit (siklus III)
Indikator :
Kognitif:
1.
Menjelaskan cara menyetel karburator
2.
Menjelaskan prosedur perbaikan karburator
Afektif:
Keterampilan personal
3.
Menggali
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
4.
Mengolah
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
5.
Mengambil
keputusan dalam menentukan jawaban
Karakter
6.
Aktif, Proaktif,
Berani
Tujuan
pembelajaran
Kognitif:
1. Siswa dapat menjelaskan cara
menyetel karburator dengan benar
2. Siswa dapat menjelaskan
prosedur perbaikan karburator
Afektif:
Keterampilan personal
3. Siswa dapat aktif dalam
menggali informasi tentang karburator
4. Siswa dapat proaktif
dalam mengolah informasi tentang karburator
5. Siswa berani mengambil
keputusan untuk menjawab soal-soal tentang karburator dengan efektif
Karakter
6. Siswa dapat aktif dalam mencari informasi dan proaktif
dalam mengolah informasi serta berani dan jujur dalam mengambil jawaban untuk
mengerjakan soal-soal tes.
A. Materi
Pembelajaran
Karburator: cara menyetel karburator,
cara mempebaiki karburator
B. Model
Pembelajaran
1. Model :
Model Pembelajaran Langsung (MPL)
2. Metode :
tanya jawab, diskusi
C. Langkah
– langkah Kegiatan
Pendahuluan (± 5 menit)
1.
Salam pembuka
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru memberikan motivasi dan sekaligus memantapkan
kemampuan personal siswa
4.
Guru membagi siswa menjadi kelompok–kelompok belajar
|
Inti (± 80 Menit)
1.
Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum pembelajaran
2.
Guru menjelaskan secara singkat cara menyetel dan prosedur perbaikan karburator
3.
Siwa disuruh
mencari informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan materi cara
menyetel dan perbaikan karburator
4.
Guru memberi topik untuk didiskusikan tiap kelompok
berupa akibat yang terjadi jika penyetelan
karburator tidak sesuai spesifik
5.
Guru mendampingi siswa supaya berdiskusi dengan baik
dan benar
6.
Guru mengarahkan siswa dalam mengambil keputusan dan
memecahkan masalah secara teoritis.
7.
Pengamat mengamati kecakapan personal siswa
8.
Gradasi penskoran kecakapan memecahkan masalah adalah
(1) Siswa hanya mampu menyelesaikan masalah-masalah sederhana dalam buku/LKS
yang jawabannya terdapat dalam bacaan namun masih kesulitan dalam masalah
matematis (2) Siswa mampu menyelesaikan maslah-masalah sederhana maupun
masalah yang berhubungan perhitungan matematis dalam buku/LKS (3) Siswa mampu
menyelesaikan maslah-maslah sederhana maupun maslah yang berhubungan
perhitungan matematis dalam buku/LKS dan berupaya menyelesaikan maslah-maslah
yang muncul dalam kelompok belajar mengajar walaupun masih membutuhkan
bimbingan guru (4) Siswa mampu menyelesaikan maslah-maslah sederhana maupun
maslah yang berhubungan perhitungan matematis dalam buku/LKS dan mampu
menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam kelompok belajar mengajar
yang ditunjukan adanya kekompakan kelompok, adanya pengaturan tugas dalam
kelompok dan ketepatan melakukan percobaan serta tidak terjadinya kecelakaan
dalam percobaan
9.
Pengamatan dan penilaian terhadap kecakapan menggali
informasi, mengolah informasi dan mengambil keputusan tetap dilakukan
10. Pada siklus III
ini pengintegrasian difokuskan untuk meningkatkan kecakapan siswa dalam
memecahkan masalah
11. Guru memberikan
tes formatif ( post-test)
|
Penutup (± 5 menit)
1. Guru mengulas secara singkat materi yang telah
disampaikan
2. Salam penutup
|
D. Sumber
Pembelajaran
1.
Modul
Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin (Depdiknas)
2.
Buku
Manual
E. Alat
dan Bahan
1.
Alat : Laptop, LCD
2. Bahan : hand out
F. Penilaian
1.
Test
2.
Non
test
G. Evaluasi
Soal:
1.
Jelaskan tujuan dibuatnya karburator double barel !
2.
Jelaskan fungsi
dari jarum pelampung !
3.
Sebutkan 2
macam sitem cuk otomatis yang digunakan pada karburator !
4.
Jelaskan fungsi
dari dashpot !
5. Jelaskan fungsi Hot Idle Compensator !
Jawaban:
1. Untuk
mengatasi kelemahan karburator single barel, karena karburator double barel
dapat menghasilkan tenaga (output) yang lebih besar baik pada putaran rendah
maupun pada putaran tinggi
2. Untuk membuka
dan menutup saluran bahan bakar yang berasal dari pompa bahan bakar
3. -
Sistem pemanas dari
exhaust
- Sistem elektrik
4.
Untuk memperlambat penutupan
throttle valve dari putaran tinggi, sehingga tidak akan menambah emisi gas
buang
5.
Untuk menambah udara pada saat temperatur di sekitar
mesin panas
Aq melok copas yoan ji
ReplyDeleteTak copas yo ji...
ReplyDeleteKalian itu siapa? Klaluane cabe2an bangil paling
ReplyDelete