Sekolah : SMK
Kelas/semester : XI TKR / 1
Kelas/semester : XI TKR / 1
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar : Memahami sistem bahan
bakar bensin dan komponennya
bakar bensin dan komponennya
Kode Kompetensi : 020.KK.4.1
Waktu : 2JP x 45 menit (siklus II)
Indikator :
Kognitif:
1.
Mengidentifikasi komponen-komponen karburator dan fungsinya
2.
Mengidentifikasi prinsip kerja dan cara kerja karburator
Afektif:
Keterampilan personal
3.
Menggali
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
4.
Mengolah
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
5.
Mengambil
keputusan dalam menentukan jawaban
Karakter
6.
Aktif, Proaktif,
Berani
Tujuan
pembelajaran
Kognitif:
1.
Siswa
dapat menjelaskan prinsip kerja
dan cara kerja karburator
2.
Siswa
dapat menyebutkan komponen-komponen karburator
3.
Siswa
dapat menjelaskan fungsi dari macam-macam karburator
Afektif:
Keterampilan personal
4.
Siswa
dapat aktif dalam menggali informasi tentang karburator
5.
Siswa
dapat proaktif dalam mengolah informasi tentang karburator
6.
Siswa
berani mengambil keputusan untuk menjawab soal-soal tentang karburator dengan
efektif
Karakter
7.
Siswa
dapat aktif dalam mencari informasi dan
proaktif dalam mengolah informasi serta berani dan jujur dalam mengambil
jawaban untuk mengerjakan soal-soal tes.
A. Materi
Pembelajaran
Karburator: Fungsi karburator,
komponen-komponen karburator beserta fungsinya, macam-macam karburator, prinsip
kerja karburator, cara kerja karburator, cara menyetel karburator
B. Model
Pembelajaran
1. Model :
Model Pembelajaran Langsung (MPL)
2. Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi
C. Langkah
– langkah Kegiatan
Pendahuluan (± 5 menit)
1.
Salam pembuka
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru memberikan motivasi dan sekaligus memantapkan aspek
personal siswa
4.
Guru membagi siswa menjadi kelompok–kelompok belajar
|
Inti (± 75 Menit)
1.
Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum pembelajaran
2.
Guru menjelaskan komponen-komponen karburator dan
mengaitkanya dengan kehidupan nyata.
3.
Guru memberi topik untuk didiskusikan tiap kelompok
berupa akibat yang terjadi pada sistem bahan bakar jika pilotjet dan mainjet tersumbat
atau rusak
4.
Guru berperan membimbing siswa untuk berdiskusi
dengan baik dan benar
5.
Pengamat mengamati kecakapan personal siswa
6.
Gradasi penskoran kecakapan mengambil keputusan
adalah (1) Anggota kelompok berupaya
mengambil keputusan berdasarkan kepentingan/pendapat pribadi dan kurang
menghargai pendapat kelompok yang lain (2) Anggota kelompok berupaya
mengambil keputusan berdasarkan kepentingan/pendapat kelompok namun masih
kurang menghargai pendapat anggota yang lain dan tidakl didasarkan pada teori
yang relevan (3) Anggota kelompok berupaya mengambil keputusan berdasarkan
kepentingan/pendapat kelompok teori yang relevan serta saling menghargai
pendapat anggota yang lain (4) Anggota kelompok berupaya mengambil keputusan
berdasarkan kepentingan/pendapat kelompok teori yang relevan serta saling
menghargai pendapat anggota yang lain
7.
Pengamatan terhadap kecakapan menggali informasi,
mengolah informasi dan memecahkan masalah tetap dilakukan
8.
Pada siklus II pembelajaran difokuskan untuk
meningkatkan kecakapan siswa dalam mengambil keputusan.
|
Penutup (± 10 menit)
1. Guru mengulas secara singkat materi yang telah
disampaikan
2. Guru memberikan tes formatif (post test)
3. Guru menyuruh siswa untuk mencari informasi
yang relevan dengan materi pembelajaran berikutnya
4. Salam penutup
|
D. Sumber
Pembelajaran
1.
Modul
Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin (Depdiknas)
2.
Buku
Manual
E. Alat
dan Bahan
1.
Alat : Laptop, LCD
F. Penilaian
1.
Test
2.
Non
test
G. Evaluasi
Soal:
1.
Jelaskan
fungsi dari karburator
!
2.
Jelaskan
fungsi dari mainjet dan
pilotjet !
3.
Mengapa harus dilakukan penyetelan putaran stasioner?
4.
Apa yang kamu ketahui tentang exhaust manifold
?
5.
Jelaskan
pengertian dari intake manifold !
Jawaban:
1.
Untuk
mengkarburasikan bahan bakar dan udara
2.
Fungsi main jet adalah untuk menyuplai bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai atas
Fungsi pilot jet adalah mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm menengah
Fungsi pilot jet adalah mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm menengah
3.
Supaya kerja pompa oli optimal
untuk melakukan penyebaran oli dan
supaya kerja mesin tidak berlebihan sehingga tidak menyebabkan panas
4.
Saluran pembungan untuk gas
sisa pembakaran
didalam ruang bakar
5.
Saluran masuk
bahan bakar dan udara dari karburator ke ruang bakar
No comments:
Write komentar