Sekolah : SMK
Kelas/semester : XI TKR / 1
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi sistem bahan bakar bensin
Kompetensi Dasar : Memahami sistem bahan bakar bensin dan komponennya
Kode Kompetensi : 020.KK.4.1
Waktu : 2JP x 45 menit (siklus I)
Indikator :
Kognitif:
1.
Menjelaskan komponen-komponen sistem bahan bakar bensin dan
fungsinya
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis pompa bahan bakar bensin beserta fungsi dan
cara kerjanya
Afektif:
Keterampilan personal
3.
Menggali
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
4.
Mengolah
informasi tentang karburator dari berbagai sumber
5.
Mengambil
keputusan dalam menentukan jawaban
Karakter
6.
Aktif, Proaktif,
Berani
Tujuan
pembelajaran
Kognitif:
1.
Siswa
dapat menjelaskan fungsi karburator
2.
Siswa
dapat menyebutkan komponen-komponen karburator
Afektif:
Keterampilan personal
3.
Siswa
dapat aktif dalam menggali informasi tentang karburator
4.
Siswa
dapat proaktif dalam mengolah informasi tentang karburator
5.
Siswa
berani mengambil keputusan untuk menjawab soal-soal tentang karburator dengan
efektif
Karakter
6.
Siswa
dapat aktif dalam mencari informasi dan
proaktif dalam mengolah informasi serta berani dan jujur dalam mengambil
jawaban untuk mengerjakan soal-soal tes.
A. Materi
Pembelajaran
Karburator: Fungsi karburator, komponen-komponen
karburator beserta fungsinya, macam-macam karburator, prinsip kerja karburator,
cara kerja karburator, cara menyetel karburator
B.
Model Pembelajaran
1. Model :
Model Pembelajaran Langsung (MPL)
2. Metode :
Ceramah, tanya jawab
C. Langkah
– langkah Kegiatan
Pendahuluan
(± 15 menit)
1.
Salam pembuka
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru menyuruh siswa supaya duduk sesuai nomor urut
absensi
4.
Guru memberikan motivasi dan sekaligus mengarahkan
siswa tentang pentingnya proses pembelajaran melalui pendidikan kecakapan
hidupdengan mengaitkan permasalahan yang ada
5.
Guru menjelaskan tentang pendidikan kecakapan hidup (life skill education)
6.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai, diantaranya yaitu: komponen-komponen
sistem bahan bakar bensin dan fungsinya serta jenis-jenis pompa bahan bakar
bensin beserta fungsi dan cara kerjanya
|
Inti (± 55 Menit)
1.
Guru memberikan soal pre test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum pembelajaran
2.
Guru menjelaskan komponen-komponen sistem bahan bakar
bensin beserta fungsinya yang kemudian dikaitkan dengan kejadian di kehidupan nyata
3.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
4.
Pengamat mengamati kecakapan personal siswa
5.
Gradasi penilaian dalam pengamatan menggali informasi
berupa (1) siswa mampu menggali informasi dari bacaan saja. (2) Siswa mampu
menggali informasi dari membaca, mendengar/bertanya/berdiskusi namun belum
bias menekankan sebagai informasi penting. (3) Siswa mampu menggali informasi
dari dari membaca, mendengar, bertanya, diskusi serta dapat menekankannya
sebagai informasi penting. (4) Siswa mampu menggali informasi dari membaca,
mendengar, bertanya, berdiskusi, melihat fenomena yang ditunjukan oleh guru
maupun kejadian dilingkungan serta dapat menekankan sebagai informasi penting
6.
Dilanjutkan guru menjelaskan jenis-jenis pompa bahan
bakar bensin beserta fungsi dan cara kerjanya
7.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya kembali
8.
Pengamat mengamati kecakapan personal siswa
9.
Gradasi penilaian dalam pengamatan mengolah informasi
berupa (1) Siswa mengolah informasi dengan memikirkan informasi tersebut
namun kurang serius (2) Siswa mwngolah informasi dengan memikirkan informasi
tersebut dengan serius (3) Siswa mengolah informasi dengan memikirkan dengan
serius dan mencoba mendiskusikan konsep informasi tersebut dengan temannya
(4) Siswa mengolah informasi dengan memikirkan dengan serius dan mencoba
menerapkan konsep informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah yang relevan
10. Pengamatan dan
pemberian skor terhadap kecakapan mengambil keputusan dan kecakapan
memecahkan masalah tetap dilakukan.
11. Namun pada siklus
I ini pengintegrasian difokuskan pada kecakapan menggali informasi dan
kecakapan mengolah informasi
|
Penutup (± 20 Menit)
1.
Guru
mengulas secara singkat materi yang telah disampaikan
2.
Guru
memberikan tes formatif (post test)
3.
Guru
menyampaikan topik materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
4.
Salam
penutup
|
D. Sumber
Pembelajaran
1.
Modul
Sistem Bahan Bakar Bensin (Depdiknas)
2.
Buku
Manual
E.
Alat dan Bahan
1.
Alat : Laptop, LCD
F.
Penilaian
1.
Test
2.
Non
test
G. Evaluasi
Soal:
1.
Sebutkan jenis-jenis karburator dilihat dari arah
masuk campuran udara dan bahan bakar !
2.
Jelaskan kelebihan karburator jenis double barel
dibandingkan dengan karburator single barel !
3.
Jelaskan fungsi dari sistem cuk !
4.
Apa yang dimaksud dengan dieseling ?
5.
Jelaskan fungsi dari sistem idle !
Jawaban:
1.
Karburator arus
turun
-
Karburator arus datar
2.
Karburator double
barel dapat menghasilkan tenaga (output) yang lebih besar baik pada putaran
rendah maupun pada putaran tinggi
3.
Membuat campuran
bahan bakar dan udara menjadi kaya (1:1) yang disalurkan ke dalam silinder
apabila mesin masih dingin
4.
Dieseling adalah
berputarnya mesin setelah kunci kontak dimatikan
5.
Menyalurkan bahan
bakar dan udara pada saat katup gas hampir tertutup (pedal gas tidak diinjak)
No comments:
Write komentar