2.1
Tokoh-Tokoh
Filsafat Pendidikan Esensialisme dan Pandangannya
1.
Johan Amos Cornenius (1592-1670) yaitu agar segala
sesuatu diajarkan melalui indra, karena indra adalah pintu gerbangnya jiwa.
2.
Johan Frieddrich Herbart (1776-1841) mengatakan bahwa
tujuan pendidikan adalah menyesuaikan jiwa seseorang dengan kebijaksanaan Tuhan
artinya adanya penyesuaian dengan hukum kesusilaan. Proses untuk mencapai
tujuan pendidikan itu oleh Herbart disebut pengajaran.
3.
William T. Harris (1835-1909) tugas pendidikan adalah
menjadikan terbukanya realitas berdasarkan susunan yang tidak terelakkan dan
bersendikan ke kesatuan spiritual sekolah adalah lembaga yang memelihara
nilai-nilai yang turun menurut, dan menjadi penuntun penyesuaian orang pada
masyarakat.
Tokoh
lainnya antara lain:
1.
George Wilhelm Friedrich Hegel (1770-1831)
Mengemukakan adanya sintesa antara ilmu pengetahuan
dan agama menjadi suatu pemahaman yang menggunakan landasan spiritual.
2.
George Santayana
Dia memadukan antara aliran idealisme dan realisme
dalam suatu sintesa dengan mengatakan bahwa nilai tidak dapat ditandai dengan
suatu konsep tunggal, karena minat, perhatian dan pengalaman seseorang
menentukan adanya kualitas tertentu.
Tokoh-tokoh terkemuka
yang berperan dalam penyebaran aliran esensialisme diantaranya adalah
Desidarius Erasmus, Johann Amos Comenius, John Locke, Johann Henrich Pesta
Lozzi, Johann Friederich Frobel, Johann Friedrich Herbart dan William T.
Harris.
No comments:
Write komentar