Guru Muda |
Guru dan upaya
pembinaan kurikulum
Bertujuan untuk meningkatkan kualitas
proses pengajaran dan hasil belajar yang dicapai siswa. Aspek pembinaan
mencakup proses belajar mengajar termasuk penilaian hasil belajar, bimbingan
dan penyuluhan, administrasi guru, dan pembinaan kompetensi profesional guru
itu sendiri. Proses belajar mengajar adalah operasionalisasi kurikulum khususnya garis-garis besar program
pengajaran (GBPP) bidang studi tertentu. Upaya yang bisa dilakukan adalah:
1. Menelaah
GBPP
Dalam
GBPP dikemukakan tujuan kurikuler, tujuan instruksional, pokok bahasan/sub
pokok bahasan, bahan pengajaran, dan penyebaran pokok bahasan berdasarkan
kelas/caturwulan/smester. Telaah guru terhadap GBPP terutama untuk menetapkan
berapa banyak pokok bahasan dalam satu
smester sesuai dengan tujuan instruksionalnya. Hal ini penting untuk membagi
jam tatap muka, sehingga memudahkan menyusun satuan pelajaran.
2. Menyusun
satuan pelajaran
Penyusunan
satuan pelajaran secara menyeluruh selama satu smester dapat menjamin
kesinambungan tujuan, bahan mengajar, dan penilaian.Hal ini dapat diperbaiki
dan di disempurnakan pada tahun berikutnya berdasar pengalaman yang ditempuh
dengan cara sebelumnya.
3. Penyediaan
sumber fasilitas belajar
Hal
ini dapat dilakukan berupa buku sumber, alat peraga, alat praktikum, bahan diskusi, keperluan permanen, dll yang pada
akhirnya memperlancar pembelajaran.
4. Penilaian
hasil belajar
Hasil belajar siswa
dapat dijadikan salah satu ukuran keberhasilan belajar mengajar. Hasil tersebut
nampak dalam hal perubahan intelektual terutama mengenaipemahaman prinsip, konsep, hukum, dan teori yang diajarkan, dan kemampuan
memecahkan masalah berdasar prinsip pengetahuannya
nb : untuk melihat lanjutan artikel, silahkan klik "category" pada kolom dikanan, lalu pilih "guru" akan ada artikel lengkap yang telah kami pecah menjadi beberapa laman blog
No comments:
Write komentar