Guru dan upaya pembinaan kurikulum

Guru Muda

Guru dan upaya pembinaan kurikulum
        Bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pengajaran dan hasil belajar yang dicapai siswa. Aspek pembinaan mencakup proses belajar mengajar termasuk penilaian hasil belajar, bimbingan dan penyuluhan, administrasi guru, dan pembinaan kompetensi profesional guru itu sendiri. Proses belajar mengajar adalah operasionalisasi kurikulum  khususnya garis-garis besar program pengajaran (GBPP) bidang studi tertentu. Upaya yang bisa dilakukan adalah:
1.      Menelaah GBPP
Dalam GBPP dikemukakan tujuan kurikuler, tujuan instruksional, pokok bahasan/sub pokok bahasan, bahan pengajaran, dan penyebaran pokok bahasan berdasarkan kelas/caturwulan/smester. Telaah guru terhadap GBPP terutama untuk menetapkan berapa banyak pokok bahasan dalam satu smester sesuai dengan tujuan instruksionalnya. Hal ini penting untuk membagi jam tatap muka, sehingga memudahkan menyusun satuan pelajaran.

2.      Menyusun satuan pelajaran
Penyusunan satuan pelajaran secara menyeluruh selama satu smester dapat menjamin kesinambungan tujuan, bahan mengajar, dan penilaian.Hal ini dapat diperbaiki dan di disempurnakan pada tahun berikutnya berdasar pengalaman yang ditempuh dengan cara sebelumnya.

3.      Penyediaan sumber fasilitas belajar
Hal ini dapat dilakukan berupa buku sumber, alat peraga, alat praktikum, bahan diskusi, keperluan permanen, dll yang pada akhirnya memperlancar pembelajaran.
4.      Penilaian hasil belajar
                           Hasil belajar siswa dapat dijadikan salah satu ukuran keberhasilan belajar mengajar.                            Hasil tersebut nampak dalam hal perubahan intelektual terutama mengenai
                           pemahaman prinsip, konsep, hukum, dan teori yang diajarkan, dan kemampuan
                           memecahkan masalah berdasar prinsip pengetahuannya


nb : untuk melihat lanjutan artikel, silahkan klik "category" pada kolom dikanan, lalu pilih "guru" akan ada artikel lengkap yang telah kami pecah menjadi beberapa laman blog
No comments:
Write komentar