Mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa adalah pendekatan yang menerima siswa apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan siswa tersebut yang bertujuan untuk menentukan garis batas antara perilaku yang tidak perlu diajarkan dan perilaku yang harus diajarkan kepada siswa/peserta didik. Perilaku yang akan diajarkan ini kemudian dirumuskan dalam bentuk tujuan instruksional khusus atau TIK itu.
Kegiatan ini memberi manfaat:
Cara melaksanakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
Guru kiranya dapat memahami pengetahuan mengenai kegiatan mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa, serta dapat memanfaatkannya dalam menerapkan selaku seorang perencana/perancang instruksional pengajaran.
- Untuk mengetahui kualitas perseorangan sehingga dapat dijadikan petunjuk dalam mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran;
- Hasil kegiatan mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa akan merupa-kan salah satu dasar dalam mengembangkan sistem instruksional yang sesuai untuk siswa.
Cara melaksanakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
- Dilakukan di waktu awal sebelum menyusun instruksional pengajaran;
- Teknik yang digunakan dapat dengan tes, interview, observasi, dan kuisioner;
- Dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran atau orang-orang yang dianggap paham dengan kemampuan siswa.
Guru kiranya dapat memahami pengetahuan mengenai kegiatan mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa, serta dapat memanfaatkannya dalam menerapkan selaku seorang perencana/perancang instruksional pengajaran.
No comments:
Write komentar