Guru muda |
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan arah, isi, dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Dalam suatu lembaga pendidikan, salah satu tokoh yang memiliki peranan begitu penting dalam pengembangan kurikulum adalah guru. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan yang terlibat langsung dalam mengembangkan, memantau, dan melaksanakan kurikulum sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dan dapat tercapai tujuan yang diharapkan. Meskipun ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang begitu pesat , tidak berarti menyurutkan peranan guru. Bahkan hasil-hasil perkembangan teknologi tersebut akan menambah beban tugas dan tanggung jawab guru.Oleh karena itu, guru sebagai pelaku utama pendidikan diwajibkan memenuhi kewajibannya sebagai pendidik profesional dan tentu saja pengembang kurikulum.
1.2. Rumusan masalah
Beberapa masalah yang akan dijawab dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah makna guru?
2. Bagaimanakah kompetensi seorang guru?
3. Bagaimanakah kode etik seorang guru?
4. Bagaimanakah peranan guru dalam pengembangan kurikulum?
5. Bagaimanakah upaya pembinaan kurikulum bagi guru?
1.3. Tujuan
Tujuan yang hendak diperoleh dalam makalah ini adalah:
1. Menjelaskan makna guru dalam beberapa perspektif
2. Menjelaskan kompetensi guru
3. Menjelaskan kode etik guru
4. Menjelaskan peranan guru dalam pengembangan kurikulum
5. Menjelaskan guru dan upaya dalam pembinaan kurikulum
nb : untuk melihat lanjutan artikel, silahkan klik "category" pada kolom dikanan, lalu pilih "guru" akan ada artikel lengkap yang telah kami pecah menjadi beberapa laman blog
No comments:
Write komentar